Rabu, 26 Juni 2019

Pembelajaran Matematika menjadi menyenangkan melalui permainan sederhana

Bagaimanakah cara kalian menyelesaikan soal berikut ini ? 😊

6 + (-4) = .....

Bagi siswa yang baru pertama kali melihat bentuk soal di atas, tentunya masih bingung. Soal tersebut dapat diselesaikan dengan cara yang menyenangkan melalui permainan sederhana seperti yang kami (siswa kelas VB SDN Lakarsantri II / 473 Surabaya) lakukan tempo hari. 
Alat yang diperlukan hanya spidol whiteboard yang tidak bersifat permanen. Spidol tersebut digunakan untuk menuliskan angka-angka bilangan bulat (bilangan negatif, bilangan 0, dan bilangan positif) di lantai kelas. Penggunaan spidol non permanen dimaksudkan agar lantai mudah dibersihkan. Sembari menuliskan angka-angka di lantai, guru menjelaskan apa dan contoh bilangan bulat. Setiap kotak lantai keramik berisi satu angka bilangan bulat. Penjelasan tersebut lebih jelas disajikan melalui gambar berikut ini
Setelah menulis angka-angka pada lantai, langkah berikutnya adalah mengajak siswa bernyanyi bersama agar pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah mengingat peraturan permainan. Lagu yang dinyanyikan berjudul Ada Kodok dengan lirik yang telah diubah. 

Ada BilBul....rekotok rekotok
Bilangan Bulat....rekotok rekotok
Maju ditambah....rekotok rekotok
Mundur dikurang....rekotok rekotok

Lebih jelas peraturan permainan adalah sebagai berikut
  1. Awal permainan, siswa berdiri di kotak berangka 0.
  2. Apabila bertemu bilangan bulat positif, maka siswa menghadap ke arah deretan bilangan bulat positif. Begitu pula sebaliknya, apabila bertemu bilangan bulat negatif maka siswa menghadap ke arah deretan bilangan bulat negatif. 
  3. Apabila bertemu lambang penjumlahan (+) maka siswa melangkah maju. Begitu sebaliknya apabila bertemu lambang pengurangan (-) maka siswa melangkah mundur.
Untuk contoh soal di atas dapat kita selesaikan dengan langkah-langkah sebagai berikut
  1. Siswa berdiri di kotak bertuliskan angka 0.
  2. Angka pertama adalah angka 6 dan merupakan bilangan bulat positif, sehingga siswa menghadap arah deretan bilangan bulat positif, lalu berpindah sebanyak 6 langkah dengan tetap menghadap ke arah deretan bilangan bulat positif. 
  3. Angka kedua adalah (-4) dan merupakan bilangan negatif, sehingga siswa harus berbalik badan menghadap ke arah deretan bilangan bulat negatif. 
  4. Terdapat tanda penjumlahan sehingga siswa berpindah maju sebanyak 4 langkah.
  5. Kotak terakhir dimana siswa berdiri itulah hasil akhirnya. Jadi, 6 + (-4) = 2
Beragam cara mempelajari materi bilangan bulat (disingkat BilBul). Selain cara di atas, terdapat cara lain yang juga menyenangkan. Cara tersebut dapat dilihat melalui video berikut



Tidak ada komentar:

Posting Komentar